4 Tips Menulis Postingan Berkualitas Untuk Blog

4 Tips Menulis Postingan Berkualitas Untuk Blog - Wallflower.id. Pada kesempatan kali ini Wallflower.id akan membahas mengenai 4 tips menulis postingan (artikel) berkualitas untuk blog. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya blog adalah tempat untuk menuliskan apapun yang ingin kamu tuliskan disana. Kamu bisa menulis pengalaman kamu memakan makanan terpedas, kamu juga bisa menuliskan pengalaman kamu di suatu tempat yang sangat indah, kamu juga bisa menuliskan rencana kamu ke depan dalam kehidupan kamu, dan masih banyak lagi.

Tentunya blog menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk dijadikan sebagai wadah untuk menulis dan mengekspresikan sesuatu. 

Interaksi yang akan terjadi pun sangat beragam dan luas karena semua orang dapat membaca dan membalas yang kamu tulis dengan sebuah komentar. 

Nah, tentunya kita tidak hanya ingin mengungkapkan perasaan saja bukan di sebuah blog. Karena bagaimana pun juga mengungkapkan sesuatu bisa menjadi boomerang apabila tidak dibentengi atau tidak dibatasi, semua itu harus ada batasnya.

Akan lebih baik jika tulisan kamu bersifat khusus atau privasi untuk diletakkan di sebuah buku atau diary. Jika kamu meletakkannya di blog maka kemungkinan besar akan dibaca oleh orang lain. Namun, berbeda halnya jika kamu sengaja menginginkan hal semacam itu.

Jika kamu ingin membuat blog yang baik dan berkualitas tentunya ini tidak terlepas dari 2 hal yaitu tampilan seperti tema atau warna blog dan juga isi dari blog tersebut. Nah, kita batasi pembahasan kita pada isi blog.

Artikel, postingan, konten, atau apapun sebutannya akan sangat baik jika kamu memperhatikan beberapa hal berikut. Karena selain membawa manfaat untuk diri kamu sendiri, kamu juga bisa memberikan manfaat tersebut kepada orang lain. Apa saja hal tersebut? Berikut tipsnya:

Tips Menulis Artikel Postingan Berkualitas Untuk Blog

Tips Menulis Postingan Berkualitas Untuk Blog

1. Tulis Artikel Postingan Dengan Panjang Dan Memiliki Banyak Paragraf

Apakah kamu yakin hanya menuliskan 1-2 paragraf kemudian menguploadnya. Apakah kamu tidak berpikir untuk menambahi beberapa bagian sehingga menjadi sebuah bacaan yang utuh (lengkap)? 

Sangat disayangkan sekali masih banyak blog-blog yang saya jumpai hanya berisikan beberapa postingan itu pun tulisannya singkat dan tidak padat, terlihat tidak profesional. 

Sehingga saya merasa bahwa mereka hanya membuang-buang waktu. Mereka tidak memahami bagaimana harus bersikap dengan blog mereka.

Saya yakin kamu bisa menulis lebih banyak dari 2 paragraf. Karena bagi kebanyakan orang 2 paragraf itu belumlah menjadi sebuah artikel yang berkualitas. Apa yang hendak kamu sampaikan bisa jadi menurut orang lain belum tuntas.

Jika kamu masih pemula dan masih taraf belajar untuk membuat artikel, maka itu tidak masalah. Dengan berjalannya waktu kamu bisa mulai menambah kepanjangan dari artikel yang kamu buat. 

Tapi jika kamu hanya berkutat pada 1-2 paragraf saja maka mohon maaf pengunjung akan segera pergi dari blog kamu karena tidak mendapatkan cukup informasi yang mereka cari di artikel blog atau website kamu.


Usahakan saat menulis postingan itu minimal 300 kata. Tapi kalau menurut saya, lebih efektif jika kamu menulis minimal 500 atau bahkan 1000 kata lebih agar apa yang kamu sampaikan dapat tersalurkan dengan baik oleh pembaca informasi di blog kamu.

Memang pada awalnya akan sangat sulit, namun jika kamu latih terus insya Allah kamu pasti akan sanggup menuju angka tersebut.

Mengalir saja, tidak perlu memikirkan apa yang hendak kamu tulis. Tulislah apa yang kamu pikirkan. Terus tulis saja sehingga membentuk paragraf demi paragraf baru. Baru kemudian nantinya kamu edit sedikit untuk memperbaiki kata yang salah.

2. Gunakan Bahasa Baku (Indonesia)

Banyak sekali saya jumpai blog-blog yang menggunakan bahasa-bahasa yang sulit untuk dimengerti. Apalagi jika saya sampai berkunjung di salah satu website/blog dimana penulisannya merupakan gabungan huruf dan angka. Jujur saya bingung dan tidak ambil pusing untuk segera menutupnya.

Ingat, berapa banyak orang yang sangat membutuhkan informasi. Jadi jika kamu memiliki informasi yang sekiranya dapat bermanfaat untuk orang lain maka belajarlah untuk menggunakan bahasa yang benar dan mudah dipahami oleh manusia. 

Dalam hal ini bukan berarti kalimat kamu harus ada subjek, predikat, objek, dan keterangan. Pokoknya orang lain dapat memahami apa yang ingin kamu utarakan. Itu saja.

Menggunakan bahasa baku juga memudahkan orang untuk mencerna apa yang mereka baca. Otomatis ketika mereka dapat merasakan manfaat dari tulisan yang kamu buat, pastinya mereka akan memberikan apresiasi dengan menaruh komentar biasanya. 

Bagi seorang blogger tentu hal tersebut adalah sebuah kebahagiaan karena dapat berinteraksi dengan orang lain. Apalagi jika blognya banyak pengunjung.

Tata bahasa yang kamu gunakan juga tidak perlu menggunakan istilah-istilah asing atau bahasa daerah kamu yang sulit dicerna untuk orang lain yang tidak mengerti. 

Tidak mungkin orang akan menerjemahkan satu persatu kata asing yang kamu gunakan, karena akan memakan waktu. Ingat, para pengunjung itu menginginkan suatu yang praktis dan simple.

Seperti yang saya lakukan, mungkin kamu pernah menemukan tulisan asing. Namun itu hanya beberapa. Dan saya berusaha untuk menggunakan bahasa baku walaupun gaya penulisan saya tidaklah formal. Istilahnya yaitu setengah formal.

3. Gunakan Sumber Artikel Yang Terpercaya

Ya, jika kamu merasa bahwa tulisan kamu butuh tambahan dibeberapa bagian, maka kamu dapat menggunakan sumber terpercaya. Misalkan kamu ingin menulis mengenai ekonomi syariah. Maka, tentunya kamu memerlukan berbagai asupan informasi lain agar artikel kamu terlihat berbobot. 

Sumber-sumber tersebut dapat dengan mudah kamu jumpai di internet. Kamu dapat dengan mudah menggunakan mesin pencari seperti google, bing, baidu, dan lain sebagainya.

Jangan lupa jika kamu mengutip tulisan, harus disertai dengan sumbernya. Jangan asal main copas saja. Hargai mereka yang telah membuat informasi tersebut. Kamu pastinya juga tidak ingin ada orang yang copas tulisan kamu tanpa izin bukan.

Apakah kamu mengetahui wikipedia? nah kamu dapat menggunakan website tersebut sebagai sumber penulisan kamu karena informasi yang ada disana terbukti valid dan terpercaya. Wikipedia sendiri telah dipercaya oleh ratusan juta orang karena memberikan informasi yang benar-benar update dan akurat.

Di beberapa tulisan saya, saya menggunakan wikipedia untuk mendukung beberapa artikel yang saya buat. Karena harus saya akui pengetahuan mengenai apa yang saya tulis pada waktu itu kuranglah begitu menarik. Setelah saya tambahkan sumber dari wikipedia, tulisan saya terlihat lebih lengkap dan bagus.

4. Ajaklah Para Pengunjung Untuk Berinteraksi Di Blog Kamu 

Ya, pasti akan sangat seru apabila dalam setiap tulisan yang kamu buat kamu sisipkan pertanyaan. Walaupun pada akhirnya kamu beri jawabannya, tidak masalah. Hal ini bertujuan membahagiakan pengunjung, dan tidak terkesan monoton. Kalimatnya itu-itu saja.

Kemudian penggunaan kata kamu atau kita lebih diperbanyak. Hal ini juga bertujuan agar si pengunjung merasa ikut merasakan apa yang kamu tulis. Jika kamu hanya menuliskan dengan kata saya saja. Maka seakan-akan pengunjung harus menonton pertunjukkan kamu sendiri dan memaksa mereka untuk menyukai apa yang kamu suguhkan. Itu sangat tidak diinginkan oleh pengunjung di blog kamu.

Dan juga untuk sebisa mungkin menggunakan bahasa yang sopan dan tidak terkesan menggurui. Jika kamu hendak membuat postingan berupa ajakan kebaikan katakanlah, jangan terkesan menggurui. Kamu harus begini, kalau tidak akan begini misalkan. Tentunya itu juga tidak akan disenangi oleh pengunjung. Ujung-ujungnya tidak ada interaksi, yang ada kebencian karena kamu seperti mengusik kehidupan mereka.

Baca juga :

Itu saja apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips menulis postingan artikel berkualitas di blog. Semoga memberikan manfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips Menulis Postingan Berkualitas Untuk Blog"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2