Faktor Penyebab Lambatnya Loading Website / Blog

Faktor Penyebab Lambatnya Loading Website / Blog - Wallflower.id. Sebelumnya saya sempat membahas mengenai tes kecepatan loading webiste di pingdom. Benar kan? Nah, sekarang saya akan membahas tuntas mengenai faktor penyebab lambatnya loading website. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan website kita tidak bisa diakses dengan cepat? Ini seringkali kita jumpai apalagi untuk yang baru memulai membangun blog atau website. Bukan hanya kita saja, masih banyak website di luar sana yang sungguh lambat loadingnya. Tentu saja kita akan kecewa dibuatnya karena menunggu terlalu lama.

Faktor Penyebab Lambatnya Loading Blog

Saya sempat mencari literatur di internet mengenai hal ini guna untuk menambah pengetahuan saya tentunya. Siapa tahu pengetahuan saya masih kurang sehingga perlu adanya penambahan ilmu. Dan alhamdulillah, saya menemukan beberapa blog terpecaya yang mengupas mengenai hal ini.

Paling tidak faktor penyebab lambatnya loading website dapat teruraikan menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Seperti apa faktor eksternal dan internal tersebut? Mari kita belajar bahas pada kesempatan kali ini. Ingat untuk fokus sebentar disini ya agar ilmu yang kamu terima dapat diserap secara baik dan maksimal. Hal ini sangat penting ketika kamu membangun sebuah website. Kamu harus memperhatikan betul apa yang saya uraikan. Langsung aja berikut adalah caranya: 

1. Faktor Eksternal

A. Masalah koneksi

Memang tidak dipungkiri masalah koneksi ini seringkali membuat kita jengkel saat sedang berinternet ria. Maunya cepat tapi koneksi yang menghambat. Sebetulnya website yang kita buka ringan, tapi karena koneksi kita yang bermasalah, maka bisa saja dalam proses membuka website tersebut menjadi lama. Ini harus menjadi perhatian kita.

Jika ingin cepat maka kamu bisa menggunakan tempat yang memiliki jaringan wifi, tapi dengan syarat tempat tersebut tidak begitu ramai hehehe. Memangnya ada tempat wifi yang sepi? Mungkin itu pikir kamu. Ya, saya kan hanya memberikan saran. 

Atau kamu juga bisa mengganti provider jaringan internet yang kamu gunakan dengan provider yang lebih cepat. Ini jika kamu menggunakan modem.

B. Hosting

Nah, ini sangatlah penting. Jadi sebelum kamu membeli hosting dari web hosting, teliti dulu web hosting tersebut. Bagaimana kinerja mereka apakah baik atau tidak. Coba cek website-website yang telah menjadi client mereka. Apakah kecepatan loadingnya cepat atau sebaliknya. 

Kemudian apakah diantara website-website tersebut ada website yang sudah memiliki brand terkenal? Jika ada maka kamu dapat menggunakannya.

Nah, jika kamu kebingungan mencari web hosting yang berkualitas kamu tidak perlu khawatir, karena saya dapat memberikan saran tempat web hosting terbaik. Kamu dapat menggunakan Namecheap.
Kenapa Namecheap? Karena kualitas mereka benar-benar terbukti. Tidak main-main dengan jasa yang ditawarkan. Bahkan ada jaminan kecepatan server. Wah menarik kan. Apalagi bantuan supportnya 24 jam nonstop. Coba kamu bayangkan, jadi setiap hari mereka dapat melayani kita. Enak bukan, jadi kalau ada masalah langsung dapat menghubungi mereka tanpa perlu takut hari libur atau bukan jam kerja.

Jika kamu ingin melihat bagaimana website mereka dan kinerja mereka. Sahabat kamu bisa langsung mengunjunginya di Namecheap.com.

C. Gangguan Pada Server

Nah, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa kecepatan loading blog atau website dapat dipengaruhi juga oleh server. Jika servernya terganggu, maka seluruh website yang menggunakan server tersebut akan mengalami gangguan. Tentu ini akan berpengaruh terhadap banyaknya kunjungan pada website kamu.

Jika mengalami gangguan tentunya website kamu akan sepi pengunjung (hal ini terjadi jika server mengalami masalah secara terus menerus). Betul tidak? Nah di Namecheap, gangguan server dapat teratasi karena mereka mengatakan kecepatan server menjadi prioritas.

D. Kecepatan Loading Komputer Kamu

Ini juga bisa menjadi penyebab lambatnya loading saat membuka suatu website. Biasanya komputer tersebut mengalami 3 hal, yaitu terlalu banyak software yang terinstall, kemudian prosesornya rendah, dan terkena virus. Jika terkena virus, maka dapat mempengaruhi browser. Sehingga ketika digunakan untuk berinternat akan sangat lama dan lemot.

2. Faktor internal

Setelah kita membahas faktor eksternal penyebab lambatnya loading website, maka saatnya kita beralih ke faktor internal. Di faktor internal sendiri dapat diuraikan sebagai berikut:

A. Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Apakah dengan menggunakan widget membuat website kita langsung lambat? Tidak juga jika kita bijak menggunakan widget mana yang tidak membuat website lambat. Tapi jika banyak widget yang kita gunakan diwebsite kita, maka akan berdampak pada kecepatan loading website tersebut.

Gunakan widget yang sekiranya dapat mempercantik penampilan website atau blog kamu tanpa berlebihan. Kamu dapat melihat blog atau website yang minimalis tapi juga tetap enak untuk dipandang.

Pengalaman saya waktu dulu, pernah mencoba beberapa widget yang saya anggap bagus. Seperti menambahkan jam, tanggal, musik, hiasan berupa iklan, bahkan naruto hehehe, dan masih banyak lagi. Hasilnya apa blog saya terlihat ramai. Ramai bukan karena artikelnya, tapi widgetnya yang terlalu banyak dan tentu saja loadingnya menjadi lebih lama.

B. Banyak iklan

Ini seringkali terjadi kepada website atau blog yang saya jumpai saat sedang berselancar di internet. Banyak diantara mereka yang hanya karena ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Mereka menempatkan iklan lebih dari 3. Di bawah judul, di dalam postingan, di akhir postingan, di sidebar (ada gambar dan teks), belum lagi iklan pop-up. Bahkan ada yang harus klik iklannya terlebih dahulu baru kita dapat melihat artikelnya. Waduh, kalau niatnya mencari rezeki ya harus benar. Jangan sampai merugikan orang lain hanya untuk keuntungan yang sesaat saja.

Saya yakin apabila suatu website atau blog banyak menampilkan iklan, malah membuat jenuh pengunjung karena mengira ini hanya untuk mendapatkan uang saja tanpa memperhatikan dari kualitas artikel. Istilahnya profit oriented.
Lebih baik memasang iklan maksimal 3 saja agar tampilan website atau blog lebih enak dipandang. Selain itu juga tidak menggangu kecepatan loadingnya.

Ingat, rezeki itu tidak akan kemana. Jika kita benar-benar tahu caranya, insya Allah rezeki itu akan datang. Tanpa perlu melakukan hal seperti itu.

C. Ukuran Gambar Terlalu Besar

Penyebab yang ketiga adalah masalah ukuran gambar. Dalam hal ini yang dimaksud dengan ukuran gambar adalah besarnya file. Jika kita mengupload suatu gambar di website, maka usahakan ukurannya tidaklah terlalu besar. Paling tidak jangan melebihi 1 MB atau yang lebih bagus lagi dibawah 100KB, karena saya berpendapat itu sudah terlalu besar.

Kamu dapat mengecilkannya, tapi ingat jangan sampai gambar tersebut malah rusak atau pecah karena terlalu kecil. Standar saja yang penting orang dapat melihatnya dan ketika diperbesar tidak pecah.

D. Template Blog Yang Digunakan

Ini juga harus kamu perhatikan karena juga dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu website. Memang dengan template yang bagus akan menarik pengunjung untuk berlama-lama. Tapi perhatikan dulu, template yang hendak digunakan apakah pada template tersebut banyak ornamennya. Seperti gambar flash, kemudian lebih dari 3 kolom, dan lain sebagainya.

Sebaiknya pilih template yang seo dan minimalis saja. Mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lainnya sangat menyukai template-template yang sederhana, karena apa? Kecepatan loadingnya. Sehingga kamu tidak perlu memikirkan templateya nanti harus ada ini itu. Tidak perlu, karena sekali lagi pengunjung lebih tertarik atas informasi yang kamu bagikan. Jika informasi tersebut dirasa berguna dan anda berbagi banyak hal disana. Saya yakin mereka akan datang kembali.

Template memang perlu, tapi kontenlah yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website kamu. Bagi google search engine content is the king. Oke, apakah kamu sudah dapat mencari literatur di internet mengenai template yang minimalis. Ada banyak pilihan yang dapat dicoba. Insay Allah, jika ada kesempatan saya akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Agar kamu dapat lebih mengerti yang saya maksud.

Jangan lupa untuk mendaftarkan email kamu di form subscribe di dibawah. Sehingga kamu tidak akan tertinggal materi baru yang insya Allah setiap hari diupdate.

Baik, itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Faktor Penyebab Lambatnya Loading Website/Blog. Semoga artikel ini membantu dan memberikan manfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Penyebab Lambatnya Loading Website / Blog"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2