Penjelasan Tentang Nama Domain Website

Penjelasan tentang nama domain website atau blog - Wallflower.id. Jika kalian mau tahu rumah seseorang atau kenalan, pastinya kamu cari tahu bukan alamat orang tersebut. Nah, sekarang kita akan membahas alamat website yang biasanya disebut dengan “domain” atau “domain name”. Domain memiliki fungsi sebagai alamat dari sebuah website.

Jika kamu amati, ketika membuka suatu website biasanya nama domain diakhiri oleh ekstensi yang beraneka ragam seperti. Com/.Net/.ORG/.ID dan masih banyak lagi. 

Beberapa darinya memiliki efek yang berbeda dilihat dari SEO, profesionalisme, kinerja, popularitas, branding dan lain-lain dari sebuah website yang menggunakan domain tertentu. Jadi nama domain bisa dikatakan sangat penting untuk menunjukkan identitas pertama sebuah website. 

Maka saya akan berusaha memaparkan sedikit penjelasan tentang nama domain. Dengan harapan, kamu nanti mengetahui dan menimbang dalam memilih ekstensi nama domain yang cocok untuk website kamu.

Saat ini nama domain / domain name terbagi menjadi 3 jenis, berikut adalah 3 jenis tersebut:

Macam-Macam Nama Domain


Macam-Macam Nama Domain

1. Top Level Domain (TLD)

Adalah nama domain untuk alamat website yang menurut saya paling populer dan bernilai baik dalam hal SEO. TLD terbagi menjadi dua yaitu TLD yang “international” dan TLD yang berbasis “country” atau negara (ccTLD). 

Contoh TLD internasional adalah domain berekstensi .COM (Commercial), .NET (internet), .ORG (organization), .INFO (information), .BIZ (style / news) dan masih banyak lagi, dan yang saya gunakan untuk website ini adalah  .ID (Indonesia). 

Sedangkan domain yang ccTLD adalah seperti .CO.ID (mewakili Indonesia), .US (mewakili AS), .COM.AU (mewakili Australia) dan lain-lain.

Dalam memilih nama domain untuk blog atau website, Top Level Domain lebih diutamakan karena terindex baik oleh search engine seperti Google. Maka website kamu nantinya memiliki kesempatan berada di halaman pertama Google walaupun kompetitor nya tinggi.

Seperti yang saya telah pelajari domain yang sering diburu dan baik bagi SEO adalah .COM, .NET, dan .ORG. 3 buah domain tersebut memiliki nilai tersendiri. Semakin langka dan banyak diburu.

Adapun domain .CO yang sekarang juga telah masuk ke International TLD padahal setahu saya dahulu .CO adalah ccTLD  yang mewakili Colombia. Sebagian orang bilang, .CO juga sebagai alternatif jika kehabisan 3 domain utama tersebut. .IO juga tidak kalah populer, namun nama domain ini lebih cocok digunakan untuk mobile website. 

Lalu untuk apa domain TLD country? Yah, ekstensi ini cocok untuk website yang dikhususkan untuk melayani pengunjung dari suatu negara tertentu dengan bahasa asal negara. Misal, saya ingin membuat website khusus untuk warga Indonesia, maka lebih baik saya menggunakan bahasa indonesia dan bisa mmberikan ekstensi .CO.ID atau .ID untuk alamat websitenya. 

Diharapkan, warga Indonesia bisa menemukan website dengan mudah saat mencari sesuatu dengan menggunakan GOOGLE.CO.ID misalnya.

Dari semua TLD diatas biasanya bisa didapatkan dengan membeli langsung ke seller-nya penyedia domain atau hadiah ketika membeli hosting. Domain name TLD  harus membayar per tahunnya dengan harga bervariasi umumnya berkisar antara $10 ke atas per tahun.

2. Second Level Domain / Sub Domain

Ini merupakan peringkat kedua dari domain dan tentunya dibawah TLD. Bisa berupa sub TLD. Contohnya adalah .BLOGSPOT.COM, .WORDPRESS.COM, .TUMBLR.COM, dan masih banyak lagi. Dimana, Blogspot, WordPress, Tumblr adalah sebuah website yang berdiri sendiri dengan TLD yaitu .COM.

Biasanya, SLD (Second Level Domain) ini didapatkan secara gratis. Yang sifatnya masih menggantung atau masih dipengaruhi oleh domain utamanya. Jadi, dalam search engine, SLD ini biasanya dibawah level setelah TLD. 

Namun tidak menutup kemungkinan blog tersebut bisa berada di peringkat 1 search engine seperti Google. Jika management atau pengembang website tersebut seperti SEO nya baik dan tidak ada kompetitor yang memakai nama sama namun menggunakan TLD.

3. Generic Top Level Domain (GTLD)

Domain GTLD bisa dibilang sama dengan domain TLD. Hanya saja nama domain ini bersifat generic dan lebih spesifik, misalnya .GURU, .CEO , .INC, .MENU, .TODAY,. STORE dan masih banyak lagi. GTLD merupakan inovasi baru Internet dalam bidang domain name. 

Memiliki banyak ekstensi baru yang sekarang sudah banyak variasinya. Dengan adanya GTLD ini diharapkan akan membuat kondisi website yang lebih spesifik. Misalnya, untuk restauran atau makanan kamu bisa menggunakan nama domain dan ekstensi GTLD .MENU. 

Domain GTLD saat ini memiliki harga yang lumayang lebih tinggi 2x lipat dari domain TLD. Setahu saya ini karena untuk menghalangi para kolektor domain name yang memborong semua domain seperti saat TLD muncul. AllahuA’lam.


Baca juga:


Demikianlah sedikit uraian tips dari kami mengenai nama domain, jenis-jenis dan ekstensinya. Yang mana dari ketiga jenis tersebut memiliki beberapa perbedaan yang mencolok menurut selera kamu, kebutuhan dan SEO. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Tentang Nama Domain Website"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2