6 Cara Mengatasi Loading Lambat Pada Website/Blog

Cara Mengatasi Loading Lambat Pada Website/Blog. Sobat Wallflower.id yang berbahagia, pembahasan kali ini adalah pembahasan lanjutan dari faktor lambatnya loading pada website/blog. Setelah kita mengetahui yang menjadi penyebabnya, maka langkah yang harus kita lakukan adalah menanganinya dan jangan sampai hal ini kamu biarkan begitu saja. Oleh karenanya saya membuat pembahasan untuk cara mengatasi loading lambat pada website/blog.

Mempercepat loading blog/website

Memang ini adalah masalah serius, karena bisa jadi kita telah mengeluarkan semua teknik agar menarik banyak pengunjung ke website. Namun, hasil akhirnya tidak sesuai yang diharapkan karena banyak pengunjung yang lebih memilih mengunjungi website lain. 

Hal ini bisa jadi faktor kecepatan loading pada website tersebut sehingga orang yang awalnya semangat untuk membaca informasi lebih detail menjadi enggan atau malas karena menunggu terlalu lama.

Setidaknya ada 6 poin yang bisa saya sebutkan pada artikel kali ini, semoga ke 6 poin tersebut bisa membantu kamu mengembalikan kecepatan website atau blog kamu. Baik, langsung saja berikut Cara Mengatasi Loading Lambat Pada Website/Blog :

1. Kurangi Upload Video di Artikel Atau Halaman Posting

Jika memang website atau blog kamu berisi tutorial tidak masalah. Tapi jika tidak sebaiknya kamu hilangkan saja beberapa video di setiap postingan artikel kamu. Itu akan memberatkan website kamu sehingga loadingnya menjadi lambat. Mungkin beberapa video tidak masalah.

Oh ya, jika kamu menggunakan hosting yang berkapasitas besar mungkin sanggup untuk mengatasinya tapi tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi sekali lagi kamu harus memperhatikan setiap postingannya. Dan ingat, kecepatan internet setiap orang itu berbeda-beda, alangkah baiknya kita melihat mereka yang kecepatan internetnya kurang bagus sehingga mereka tetap bisa mendapatkan manfaat dari website kita.


2. Gunakan Template Yang Responsif Dan Sederhana

Yang kedua yaitu kamu harus menggunakan template yang responsif untuk blog/website kamu. Karena harus kamu ingat, template-template yang disukai mesin pencari biasanya yang sederhana. Tidak terlalu banyak ornamen atau warna.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mencarinya di google, bing, yahoo atapun yang lain. Saya yakin ada banyak pihak yang memberikan rekomendasi template yang responsif dan sederhana.

Biasanya kombinasi warnanya hanya dua. Memang terlihat sangat sederhana, tapi tahukah kamu, jika para pengunjung sudah masuk ke dalam website kita yang mereka butuhkan adalah informasi. Nah, jika dirasa informasi yang diberikan website kamu benar-benar bermanfaat maka mereka tidak segan-segan lagi untuk berkunjung kembali. 

Biasanya para pengunjung menyimpan nama website tersebut dengan cara bookmark di browser. Dan ketika dibutuhkan, mereka akan kembali dengan sendirinya.

3. Jangan Terlalu Banyak Menampilkan Iklan

Seringkali saya kecewa ketika menjumpai blog/website yang menampilkan banyak iklan. Sudah informasi yang diberikan sedikit dan tidak detail tapi iklannya hampir mendominasi tampilan daripada blognya sehingga membuat mata saya pedih. 

Apalagi jika ada iklan dengan gambar-gambar yang melanggar aturan dan norma agama, Otomatis sebagai manusia yang beriman akan terganggu dengan adanya gambar-gambar tersebut.

Janganlah hanya karena keuntungan yang sebenarnya tidak seberapa kemudian melakukan beragam cara yang justru menghancurkan diri sendiri. Tidak percaya? Coba saja, diteruskan satu hingga dua tahun kedepan, saya yakin blog tersebut akan mati. Ataupun jika semakin ramai pengunjungnya maka akan membawa dosa yang bertumpuk-tumpuk bagi pemiliknya. Apalagi sampai memaksa untuk klik iklannya.

Kamu tidak perlu meniru yang seperti itu, karena saya yakin mencari uang dengan cara yang halal jauh lebih mendatangkan berkah daripada melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Contohlah mereka orang-orang luar negeri. Mereka menggunakan sedikit sekali iklan di blog mereka. Kenapa? Karena mereka sangat menghormati penggemar blog dan pengunjung baru di blog/website mereka.

Mereka tidak mau menghancurkan reputasi. Mereka percaya rezeki itu akan datang apabila kita telah banyak memberikan manfaat untuk orang lain. Dan orang luar membuktikan hal tersebut. Bukan hanya dari iklan pendapatan mereka. Mereka dapat menjual keahlian ataupun affiliasi.

4. Perkecil Ukuran Gambar Yang Diupload

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya di artikel faktor penyebab lambatnya loading website. Maksimal size yang bisa sahabat etika bisnis gunakan 1 MB, jika lebih dari itu saran saya kecilkan. Karena dapat memperlambat loading website tersebut.
Sahabat etika bisnis dapat dapat menggunakan open source seperti inkscape untuk mengecilkan ukuran gambar. Atau bisa juga dengan menggunakan paint yang biasanya telah disediakan waktu kita menginstall windows, linux, dll.
Ingat ya, bukan ukuran dimensi yang saya maksudkan tetapi ukuran filenya. Menampilkan gambar secara besar tidak ada masalah, yang terpenting adalah ukuran filenya. Ada banyak website yang menyediakan gambar atau foto berkualitas dengan ukuran kecil. Sahabat etika bisnis bisa mencarinya di internet.


5. Kurangi Jumlah Posting Yang Ditampilkan Pada Menu Utama

Ini juga penting salah satu hal yang penting, karena kamu harus memperhatikan jumlah postingan yang tampil di menu utama website kamu. Jangan terlalu banyak menampilkan postingan karena akan berakibat lambatnya loading website.

Jika kamu ingin menampilkan banyak postingan, saya sarankan maksimal 10 postingan saja. Lebih dari itu bisa membuat loading menjadi lambat dan juga ketika kita menampilkan 25 postingan dengan 10 postingan tentunya akan berbeda. Karena para pengunjung akan semakin penasaran dan akhirnya membuka postingan di halaman berikutnya. Daripada kamu suguhkan semuanya, maka tidak ada efek menarik yang menarik perhatian pengunjung.

Cobalah kamu perhatikan website-website terkenal yang ada di Indonesia. Mereka menampilkan postingan maksimal 10 di website mereka, itu pun jarang. Harap dibedakan ya, ketika kita berbicara website portal atau yang lebih dikenal dengan sebutan web portal karena pastilah web portal menyuguhkan banyak artikel di halaman depan website mereka, yang dimaksudkan disini adalah website individu.

Mungkin kamu belum mengetahui apa itu web portal. Web portal adalah website yang berisi banyak informasi dari berbagai sumber dengan layout yang unik dan beragam. Contoh dari web portal adalah AOL. http://www.aol.com/ com dan MSN http://plasa.msn.com/?rd=1&ucc=ID&dcc=ID&opt=0. 

Untuk yang MSN adalah MSN Indonesia, jika kamu ingin mengetahui MSN amerika, maka tinggal pilih MSN Amerika di ujung atas. Silahkan kamu klik tulisan tersebut agar mengetahui perbedaan antara web portal dengan website individu. Sekarang kamu tahu perbedaannya kan?

6. Jangan Terlalu Banyak Memasang Widget

Ini adalah pembahasan terakhir untuk cara mengatasi loading lambat pada website. Seringkali ketika kita bisa membuat website dan merubah sebagian tampilan website. Kita akan senang dan berlanjut untuk mencoba memberikan ornamen agar terlihat lebih menarik menurut kamu dengan cara menambahkan widget.

Ada yang menambahkan widget berupa jam, gambar gif ( gambar yang bisa bergerak), mp3, banner flash, dan lain sebagainya. Kemudian kita tampilkan semua dan terlihat sangat meriah di blog kita. Biasanya ini terlihat di blog-blog yang bersubdomain.

Tahukah kamu, itu semua sebenarnya tidak perlu dilakukan. Karena akan menambah beban loading di blog tersebut. Banyak para pengunjung merasa risih dengan ornamen-ornamen yang kita tampilkan di blog kita. Dan sangat terlihat bahwa pemiliknya tidak profesional dalam membangun blog tersebut. Belum lagi membuat loadingnya menjadi lama.

Oleh karena itu, hilangkanlah widget-widget yang tidak perlu dan bersihkan semuanya. Tampilan yang sederhana lebih dicintai oleh pengunjung daripada yang beraneka ragam. Pasti membuat pusing orang yang menavigasinya. Ingat, kita membuat website untuk berbagi bukan untuk diri kita sendiri.

Semoga apa yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini memberikan kita semua pelajaran bahwa tampilan website yang sederhana tapi menarik dapat menarik minat pengunjung dan mempercepat loading website tersebut. Maaf, jika ada tulisan saya yang salah atau kurang berkenan di hati kamu.

Itulah cara mengatasi loading lambat di blog/website, semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kamu tentang dunia blogging.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Loading Lambat Pada Website/Blog"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2