Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Toko Online - Wallflower.idSetelah kamu mengenal tentang apa itu toko online. Sekarang saya akan memberikan lagi sedikit tips dan informasi tentang “Apa sih Kelebihan dan Kekurangan Toko Online“. 

Kelebihan dan kekurangan Toko Online

Selain Ada kelebihan pastinya ada kekurangan karena hanya Allah Ta’ala Yang Maha Sempurna. Nah, tugas kita adalah untuk mencari serta menambah kelebihan atau kebaikan semaksimal mungkin dan mengurangi keburukan semampunya. 

Baiklah, dibawah ini adalah ulasan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Toko online. Ulasan ini adalah pendapat saya sendiri dari pembelajaran. Jika ada kebenaran , maka itu datangnya dari Allah Ta’ala,jika salah ya maaf. Oke langsung saja

Dari skala Nusantara, toko online di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan, dengan adanya website maka pastinya toko akan mudah dikenal oleh banyak orang. Meningkatkan skala penjualan dengan websites toko online. 

Pemilik toko tidak terlalu perlu memajang iklan di baliho jalan raya dan sebagainya. Kemudahan dalam menawarkan barang dagangan baru melalui toko online maupun social media, pemilik toko online bisa membuat atau mengumpulkan fans atau pelanggan mereka agar mudah menawarkan barang dagangan. Terutama jika ada diskon dan lain-lain. Mudah dikelola dan ditata dalam sebuah websites yang menarik. Beberapa mungkin mendapat review atau testimonial dari pembeli, memudahkan pemilik untuk mengembangkan toko online miliknya kearah yang semakin baik dan terpercaya.

Bagi Pelanggan Atau Pembeli

Pembeli mudah mencari dan memilih toko-toko online yang tersebar di Internet. Pembeli dengan mudah mencari barang-barang yang dijual di toko online, bagaikan membaca majalah yang terkadang dilengkapi spesifikasi, foto , komentar, review dari pembeli, harga, diskon dan lain sebagainya. Pembeli tidak perlu repot-repot datang ke toko pusat untuk membeli barang. Namun, tinggal kunjungi website dan langsung order barang yang diinginkan. 

Pembeli bisa dengan mudah mengetahui “Promo", “Diskon” produk yang biasanya dengan bergabung menjadi “fans” di social media dari toko online tersebut atau berlangganan artikel (subscribe).

Pembeli tidak perlu untuk repot-repot menjemput  barang yang telah dibeli dari toko, karena umumnya pihak toko yang mengirim barang ke rumah kamu. Biasanya toko online juga menyediakan garansi cashback atau (uang kembali) terhadap barang yang cacat setiba dirumah, jadi tidak usah takut jika terjadi hal semacam ini. 

Dan selektiflah dalam memilih toko online untuk belanja, pelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuan mereka. Jika kamu menerima barang yang telah dibeli, kalau bisa berilah sedikit review atau pendapat kamu tentang pelayanan toko online tersebut dan kondisi barang. Sebagai literatur pembeli lainnya. 

Katakan dengan jujur, jika jelek ya jelek jika baik ya baik. Agar pembeli yang lain hati-hati dan pemilik toko dapat memperbaiki dan mengelola tokonya ke arah yang lebih baik.

Kekurangan Toko Online di Indonesia


1. Dari Metode Pembayaran

Menurut saya sistem pembayaran beberapa bisnis online seperti toko online di Indonesia masih tergolong konvensional dengan transfer uang pembayaran ke rekening bank. Walaupun sebagian, sudah menyediakan kemudahan dalam melakukan pembayaran melalui Paypal, Visa, Master Card, dan lain-lain. 

Saya sendiri pernah mau membeli barang di salah satu toko online Indonesia. Sebelumnya saya tanya ke customer service, “Apa bisa saya membeli melalui Paypal?” Lalu mereka menjawab dengan ramah yang intinya belum menyediakan fasilitas pembayaran itu. 

Saya terus tidak jadi membeli karena malas transfer uang yang kebetulan harga barangnya “cukup murah” sedang lokasi saya jauh dari atm bank dan saya juga belum aktivasi Internet Banking saat itu.

Jadi menurut saya masih ribet, coba bandingkan dengan menggunakan metode pembayaran khusus untuk transaksi online, misalnya memakai “Paypal”.

Studi kasus

Ketika saya mau membeli suatu produk. Saya lihat fotonya, baca spesifikasinya, dan tertarik untuk membeli. Saya tinggal klik tombol “Buy” lalu login di akun “Paypal” saya, dan selesai. Produk yang saya beli akan segera diantar kerumah. 

Saya menerima barang dan ternyata tidak sesuai dengan foto atau spesifikasinya. Saya ingin membatalkan pembelian yang telah dilakukan. Saya hanya tinggal masuk ke akun “Paypal” kemudian “cancel order” atau “dispute”. Insya Allah, uang saya kembali dengan aman. Tinggal bilang.

"Silahkan bawa kembali barang itu ke pemilik toko, bilang pada boss kalau barangnya tidak sesuai dengan yang saya pesan. Karena saya pesan kulkas kok di kirim kulkas mini portable?” kata saya.

“Speknya 90 cm kok yang dikirim jadi 90 mm, sangat jauh berbeda” tambah saya.

“Oh, mungkin Pak, ketika upload , fotonya di zoom jadi keliatan seperti kulkas besar yang bapak pesan” kata pengantar barang (kurir).

(Cerita ini hanya fiktif belaka, hanya ilustrasi saja dan bukan kenyataan. Saya hanya ingin menerangkan salah satu kelebihan dari metode pembayaran khusus untuk transaksi online seperti “Paypal, Payoneer, Skrill, dan lain-lain" yang seharusnya mulai dipopulerkan dan dikembangkan di Indonesia, untuk melindungi pihak penjual dan juga pembeli).

Kesimpulannya, menggunakan transfer antar bank itu sudah baik menurut saya. Namun ada yang lebih baik lagi yaitu menambahkan metode pembayaran yang secara khusus untuk bertransaksi online agar praktis, mudah, aman dan halal berbasis internet banking.

Dari Kepercayaan (Trusted)

Kurangnya kepercayaan dari masyarakat Indonesia tentang membeli barang-barang di toko online. Bisa jadi, penyebabnya adalah toko online itu sendiri yang kurang profesional dalam menjual produknya.

Dari Metode Pengantaran Barang (Shipping)

Sistem pengantar barang “shipping” yang memakan waktu cukup lama hanya walau untuk skala Indonesia. Maka, sebaiknya pemilik toko online hanya memilih jasa pengiriman barang yang baik, cepat, jujur dan profesional.

Demikianlah sedikit tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online melalui toko online, menurut pendapat dan pengamatan saya. Jika ada salah kata saya mohon maaf atas kelemahan saya ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Toko Online"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2