Cara Mengatasi Toko Online Yang Sepi

Cara Mengatasi Toko Online Yang Sepi - Wallflower.id. Bagaimana cara mengatasi toko online yang sepi? Nah, pertanyaan ini muncul jika kamu sudah membuat toko online namun masih sepi pengunjung dan pembeli. Bagi kamu yang belum membuat, ayo segera membuat. Mudah kok untuk memulai bisnis online. Sekalian kamu dapat membaca artikel yang terkait, yaitu: Pengertian Toko Online serta Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

Cara Mengatasi Toko Online Yang Sepi

Siapa sih yang tidak ingin toko onlinenya dikunjungi banyak orang, sama halnya dengan pusat perbelanjaan. Coba kamu perhatikan, bagaimana rasanya jika pusat perbelanjaan ataupun market sepi pengunjung. Pastinya tidak enak bukan, pengunjung yang datang pun akan meragukan kredibilitas market tersebut. Apalagi penjualnya, pastinya mengalami kerugian karena tidak terjadi penjualan ditoko tersebut ditambah mereka harus membayar biaya sewa toko.

Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang akan saya sampaikan di bawah ini. Hal-hal tersebut semoga dapat membantu mengembalikan keramaian toko online kamu.

1. Apakah Toko Online Kamu Masih Baru?

Jelas saja, jika toko online kamu masih baru. Wajar jika banyak pengunjung tidak mengenal dan tidak mengetahui toko online kamu. Bahkan google pun bisa jadi belum mengenai toko online kamu. Nah, untuk itu kamu diharuskan mempromosikan terlebih dahulu. Kepada siapa? Kepada seluruh pengguna internet khususnya mereka yang menjadi target market kamu.

Toko online yang baru memang resiko awalnya adalah sepi pembeli. Namun kamu tidak perlu khawatir. Jika promosi kamu sudah berjalan, maka insya Allah pengunjung pun akan datang dengan sendirinya. Mengenai cara berpromosi akan saya jelaskan sendiri di artikel yang lain agar kita bisa fokus pada pembahasan cara mengatasi toko online yang sepi.

2. Perhatikan Tampilan Toko Online Kamu

Sebisa mungkin kamu membuat toko online anda terlihat eye catching atau enak dipandang mata. Terutama para pengunjung yang nantinya akan menjadi pembeli dan pelanggan kamu. Toko online yang terlihat bagus, tidak berantakan akan menarik perhatian para pengunjung.

Usahakan toko online kamu tidak banyak ditumbuhi dengan banner-banner yang tidak jelas. Jika memang kamu menginginkan menampilkan banner. Cukup tampilkan 1-2 buah saja, selebihnya lebih baik tidak kamu gunakan.

Kenapa? Karena akan berpengaruh terhadap kecepatan loading toko online kamu. Toko online yang sangat lama ketika dibuka akan membuat para pengunjung bisa beralih ke toko online yang lain. Di internet, orang membutuhkan informasi yang serba cepat. Jika toko online kamu loadingnya berjalan lama, maka jangan harap para pengunjung akan mengunjungi toko online kamu karena tidak akan betah.

Walaupun katakanlah kamu menggunakan blog untuk membuat toko online. Tidak masalah, buatlah tampilannya seperti seprofesional mungkin seperti website toko online lainnya. Mudah kok, kamu tinggal mencari template yang khusus toko online sehingga dapat menambah kesan profesional pada toko online kamu.

3. Sudah Benarkah Promosi Yang Kamu Lakukan?

Nah, langkah selanjutnya adalah promosi. Promosi sangat diperlukan agar menarik pengunjung untuk mendatangi toko online kita. Pengunjung yang banyak insya Allah memberikan penghasilan yang banyak pula untuk kamu.

Tapi perlu diingat, apakah promosi yang kamu lakukan sudah tepat atau belum. Karena bisa jadi kamu promosikan ke pengunjung yang tidak tertarik akan produk kamu. Misal, kamu berpromosi produk obat herbal di website motivasi. Hal tersebut tidak akan berdampak pada peningkatan pengunjung kamu. Karena orang yang datang kesana tujuannya mencari motivasi, bukan kesembuhan.

Sehingga perlu kiranya kamu memahami bagaimana cara berpromosi yang benar dan tertarget. Insya Allah bahasan mengenai ini juga akan saya bahas di artikel yang terpisah. Banyak banget ya yang harus saya buat hehehe… doakan ya agar semuanya dapat selesai dan kamu baca bisa baca.

4. Bagaimana Rutinitas Dalam Berpromosi? 

Rutinitas dalam berpromosi juga menentukan banyaknya pengunjung toko online kamu, sudah konsisten atau belum. Jika kamu berpromosi hanya 1-2 kali saja, maka jangan harap banyak pengunjung yang akan datang. Promosi harus terus kamu lakukan guna mendapatkan konsumen baru. Untuk konsumen lama biasanya mereka akan kembali jika dirasa kamu memberikan keuntungan dan kelebihan dari penjual yang lain.

Jika kamu tidak bisa atau tidak sempat, kamu dapat memberikan tugas tersebut kepada orang yang memang bertugas menjual jasa promosi.

5. Adakan Hal Yang Menarik Pembeli

Adakan hal yang menarik di website toko online kamu agar orang tertarik untuk mendatangi, atau bahkan membeli produk dari kamu. Semisal Bonus, kamu dapat memberikan bonus kepada para pembeli kamu. Misal jika membeli produk A maka akan mendapatkan bonus berupa pulsa Rp 5.000,- .

Apalagi contohnya, Gratis ongkos kirim kemudian Beli 2 gratis 1, dan lain sebagainya sehingga para pengunjung akan tertarik dan jika mereka merasa nyaman maka mereka akan memutuskan untuk membeli produk kamu. Jika kamu menepati semisal memberikan bonus pulsa. Maka pembeli tersebut dapat memberitahukan kepada teman-temannya untuk membeli di toko online kamu karena dianggap memberikan keuntungan dan kelebihan. 

Tapi jangan lupa untuk selalu melayani mereka dengan sepenuh hati. Bagaiamana setiap keluhan pembeli dapat kamu tangani sehingga mereka merasa diperhatikan.

6. Apakah Produk Toko Online Kamu Menarik?
Ini juga bisa menjadi penyebab toko online kamu sepi. Apakah produk yang kamu jual termasuk produk yang sedang trending atau malah produk lama. Misal, sekarang zamannya teknologi sedang berkembang pesat terutama smartphone dan laptop. Para produsen berlomba-lomba menjual produk yang berkualitas. Adalah tepat jika kamu menjual produk laptop misalkan dan tidak tepat jika kamu menjual mesin tik karena sudah bukan jamannya. Nah, kamu paham kan maksud saya. 

Usahakan mencari produk yang sedang trending atau sedang booming sehingga orang akan berebut untuk mendatangi dan membeli di toko online kamu. 

Lalu, bagaimana caranya menemukan produk yang sedang trending? Sabar, karena semua itu akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Mungkin itu dulu apa yang dapat saya sampaikan pada hari ini mengenai cara mengatasi toko online yang sepi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Kita akan bertemu di pembahasan selanjutnya.

Jangan lupa untuk membantu website Wallflower.id dengan membagikan artikel-artikel yang ada disini, kepada teman-teman kamu melalui jejaring sosial atau apapun. Saya berharap, kamu tidak bosan untuk tetap mengunjungi website Wallflower.id.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Toko Online Yang Sepi"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2