Blogger Malas di Tengah Jalan

Wallflower.id - Blogger Malas di Tengah Jalan. Banyak diluar sana para Blogger rajin mengelola blognya hanya di awal saja namun ketika ditengah-tengah jalan, mereka justru malas untuk menulis satu artikelpun. Yang seperti itu, saya kira wajar-wajar saja. Kenapa? karena saya sendiri juga mengalaminya.

Lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Saya ada beberapa tips disini. Tapi saya rasa tentang problem ini setiap orang pasti berusaha dan punya jalan keluar masing-masing. Anggap saja sekedar tips. Semoga membantu. Berikut adalah sedikit tipsnya:

Mengatasi Malas Ngeblog Dan Menulis Artikel

Blogger Malas posting di Tengah Jalan

1. Luruskan Niat Kamu

Ini adalah hal yang paling penting, terutama buat saya sendiri. Yaitu meluruskan dan memantapkan niat ngeblog. Yang paling baik adalah mengawali setiap pekerjaan baik dengan Bismillah, berdoa dan menyebut Nama Allah Ta’ala. Bagi saya, amalan ini ampuh meluruskan niat dan menumbuhkan semangat didalam jiwa. 

Kalau pekerjaan ini saya lakukan hanya karena Allah. Maka, saya berharap semoga Allah ridho, memudahkan dan memberkahinya.

Islam selalu mengajarkan untuk hidup yang optimis dengan niat yang baik untuk kebaikan antara sesama makhluk. Jadi tidak ada kata “malas” bagi seorang muslim. Mereka pasti rajin beribadah, bekerja, belajar dan aktivitas yang membawa kebaikan lainnya. Dan kata “malas” hanya untuk kaum setan.
Ingat kan dalam hati, kalau Allah Subhanallahu wa ta’ala pernah berfirman,
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (QS Alam Nasyrah 94:7)

Jadi, kita harus berupaya untuk selalu optimis dan semangat dalam melakukan aktifitas yang baik dan bermanfaat. Jika pekerjaan kamu telah selesai, maka bersegeralah untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya dengan baik.

Memang ada masa-masa kita merasakan malas. Seperti yang pernah saya alami. Tak mengapa, sekali lagi itu adalah hal yang wajar sebagai manusia yang lemah.

Tapi ingatlah kalau kita tidak segera bangkit maka kita akan ketinggalan naik bis, dan akhirnya haru menunggu bis yang lain.

Jadi luruskanlah niat kamu. Misalnya, kamu berbisnis online guna untuk mengais rezeki, mencukupi semua kebutuhan keluarga tersayang. Maka bersemangatlah, katakan bismillah, bangkit, segeralah berangkat bekerja walaupun cuma buka laptop dan koneksikan ke internet

Dan yang terpenting adalah gunakan modal dan cara-cara yang halal. Karena hasilnya nanti untuk makanan minuman kamu dan keluarga kamu sendiri.

2. Refreshing

Saya meletakkan “refreshing” diurutan kedua dengan maksud, janganlah kamu menforsir diri kamu sendiri bekerja terus menerus, jaga kesehatan otak dan tubuh kamu. Beri istirahat sejenak walaupun untuk shalat sunnah 2 rakaat. Nyaman, dan fresh.

Refreshing ini akan banyak sekali manfaatnya asalkan tidak terlalu berlebihan sehingga malah mengabaikan kewajiban lain. 

Refreshing juga memiliki nilai sendiri bagi setiap orang, saya rasa begitu. Karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk refreshing. Nah, gunakanlah cara-cara yang baik dan efektif serta tidak akan menyebabkan kecanduan.

Misalnya, kamu berniat refreshing dengan main game, eh, kamu malah kecanduan bermain game hingga 1 hari penuh. Itu malah menyebabkan kamu akan tercap menjadi pemuda bermerek “pemalas”. 

Sebaiknya janganlah seperti itu, secukupnya saja, dengan niatan refreshing. Insya Allah tidak mengapa asalkan gamenya juga tidak menjerumuskan ke arah yang maksiat. Allahu’Alam.

Refreshing Insya Allah mampu memulihkan semangat kamu untuk bekerja lagi. Juga bagi saya terkadang menumbuhkan inspirasi baru yang baik.
Bagi yang “Workaholic” atau “Mad Worker”. 

"Saya ingatkan, janganlah terlalu larut dalam pekerjaan karena pekerjaan tidak larut dalam air"

Bukankah, rezeki itu sudah diatur oleh Allah Ta’ala? Tugas kita hanyalah menjemputnya dengan ikhtiar yang wajar menggunakan cara-cara yang halal dan juga disertai doa yang ikhlas. 

Insya Allah, hidup akan seimbang, untuk pekerjaan dan keluarga dalam lingkungan keluarga.

3. Mencari Inspirasi Dan Motivasi

Untuk memberantas kemalasan dalam ngeblog. Kamu bisa mencari inspirasi baru yang menginspirasi kamu, dari inspirasi lama yang telah meng inspirasi kamu di masa lalu, dan inspirasi lama tersebut membuat kamu jenuh, sehingga kamu butuh mencari inspirasi yang baru.

Panjang banget ya, coba tanyakan guru bahasa indonesia SPOK nya gmana. Ya, inspirasi baru Insya Allah bisa memulihkan semangat kamu seperti halnya refreshing. 

Bahkan jika inspirasi tersebut adalah suatu inovasi yang baru, bisa jadi semangat kamu akan meningkat.

Banyak cara bisa kamu lakukan untuk mencari inspirasi baru, misalnya membaca kisah sukses seseorang master blogger dan lain sebagainya. Semua sesuai diri kamu masing-masing, bisa jadi ada yang butuh melihat tumbuhan hijau, bunga mekar, dan lain-lain. 

4. Masa Bodoh Dengan Malas

Kalau Cak Lontong ngajak kamu untuk "mikir", sekarang saya mau ajak kamu untuk "milih".

What ever! masa bodoh dengan malas. Tinggal kamu pilih, pilih mengikuti kemalasan kamu atau melawan kemalasan itu dan kembali bersemangat. 

What ever! Tapi ingatlah, kalau kamu “milih” jadi malas, maka bisnis kamu pasti tidak akan berkembang. Sedangkan, bisa jadi, ada orang lain yang “milih” untuk melawan kemalasannya kemudian usahanya melonjak tinggi mengalahkan diri kamu dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Nah, jadi mikir dan milih.

5. Lakukan (Do it)

Yah, kerjakan saja pekerjaan kamu dengan baik dan halal.

Baca juga: 


Itulah artikel singkat tentang blogger malas ditengah jalan, semoga artikel ini membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Blogger Malas di Tengah Jalan"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2