Apa Itu Toko Online? Berikut Adalah Pengertian Toko Online

apa itu toko online? website toko online
Apa Itu Toko Online? Berikut Adalah Pengertian Toko Online. Assalamu’alaikum, Sahabat Wallflower.id. Pada era milenial seperti sekarang ini semuanya bisa kamu cari menggunakan internet, mulai dari pelajaran ilmu, mencari teman, atau sekedar curhat di sosial media. Penggunaan internet sekarang sudah bisa menjangkau beberapa aspek dalam kehidupan, salah satunya adalah belanja di website toko online yang ada di internet. Apa itu toko online?

Ada baiknya saya ulas sedikit tentang “Apa sih itu toko online itu sebenarnya?”. Karena, akhir-akhir ini sedang booming tentang toko online. Bisa saja, bagi kamu yang sudah sering belanja di toko online dan yang lain masih belum tahu tentang apa itu toko online.

Apa Itu Toko Online

Dalam bahasa saya yang Insya Allah akan mudah dipahami. Toko Online pada umumnya adalah representasi dari Toko Konvensional. Jadi, jika kamu memiliki toko konvensional maka kamu dapat meningkatkan penjualan dan berpromosi dengan membuat sebuah website untuk memfasilitasi pengunjung atau pelanggan kamu untuk jual beli melalui internet. Jika toko konvensional pada umumnya mungkin hanya terkenal didaerah tertentu dan sekitarnya saja. 

Namun, jika kamu mau bergerak maju dengan membuat website toko online maka, bisa jadi toko kamu dapat dikenal dan dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, bahkan mungkin Internasional. Nah, menarik bukan jika peluang penjualan kamu bisa naik dengan membuat website toko online. Dari yang awalnya toko kecil yang melayani kota tertentu saja akan menjadi toko besar yang melayani seluruh masyarakat Indonesia.

Bagaimana Sistem Kerja Toko Online

Yang saya ketahui, sistem kerja toko online yang ada di Indonesia hampir mirip dengan proses jual beli di toko konvensional seperti biasa. Bedanya adalah ditambahkan websites yang memudahkan pengunjung untuk bertransaksi jual beli di toko kamu.

Siklus Toko Online Adalah Sebagai Berikut :

siklus toko online

Keterangan Siklus Toko Online:

  • Pengunjung / pelanggan datang, membuka website toko online kamu. 
  • Mereka mencari-cari barang-barang yang mungkin menarik atau sedang dibutuhkan, melihat harga, diskon dan bisa jadi membaca spek barang kamu dan review dari pelanggan lain, dan lain sebagainya. 
  • Pelanggan tertarik pada beberapa barang kamu dan ingin membelinya.
  • Pembeli mulai mentransfer sejumlah uang untuk membeli barang tersebut ke toko kamu.
  • Pembeli dan pihak penjual (pemilik toko) melakukan cek dan konfirmasi pembayaran dan pembelian.
  • Jika clear / deal, barang akan dikirim ke pembeli berdasarkan tempat yang telah dikonfirmasikan olehnya sebelumnya. 
  • Terkadang dikenai ongkos antar dan terkadang gratis. Sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.
  • Setelah menerima barang, pembeli boleh memberikan review dan rating yang jujur tentang barang yang dikirim dan servis dari toko online tersebut. 
  • Rating dan review ini nantinya bisa bermanfaat untuk website toko online tersebut dan dijadikan referensi bagi pembeli yang lain seterusnya, juga dapat dipakai sebagai pertimbangan bagaimana pemilik website toko online mengelola tokonya agar lebih terpercaya, maju dan profesional.

Metode Pembayaran Toko Online

Saya yakin dan percaya, berdasarkan pengalaman saya ada beberapa metode pembayaran yang valid, aman, terpercaya dan profesional. Yaitu dengan menggunakan PayPal, Payoneer dan Skrill. Ketiganya adalah situs yang melayani pembayaran ketika kamu ingin bertransaksi online. Dikenal dengan sebutan “Payment Method” atau metode pembayaran. Ketiganya melayani skala Internasional dengan menggunakan mata uang dollar.

PayPal sekarang ini sudah bisa digunakan dan dinikamati oleh masyarakat di Indonesia, termasuk saya. Alhamdulillah, tidak dikenai bunga sama sekali, namun nanti ada bagi hasil / biaya ringan, ketika kamu melakukan transaksi seperti withdrawal ke bank lokal di Indonesia. 

Oleh karena itu, saya sarankan agar pembeli dan pemilik toko online untuk mengenal lebih akrab tentang berbagai “Payment Method” atau metode pembayaran tersebut.

Adapun di Indonesia, seperti yang saya ketahui, banyak yang menggunakan sistem konvensional, yakni transfer ke rekening bank lokal. Memang tidak mengapa, walaupun metode ini saya rasa kurang praktis dibandingkan dengan menggunakan PayPal, Payooner, dan Skrill. Yang transaksinya tinggal “click, login and pay”. Semoga kelak, Bank-Bank syariah yang ada di Indonesia bisa mengembangkan fiturnya untuk kemudahan transaksi online.

Demikianlah sekedar tips yang mampu saya bagikan dalam postingan ini. Semoga bermanfaat, InsyaAllah . Kira-kira kamu tertarik apa tidak ya memiliki toko online sendiri ?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Toko Online? Berikut Adalah Pengertian Toko Online"

Post a Comment

"Berkomentarlah yang bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2